Ok

By continuing your visit to this site, you accept the use of cookies. These ensure the smooth running of our services. Learn more.

  • Unesco Nilai Kualitas Belajar Siswa di Papua Rendah

    Rabu, 01 Juni 2005 - 03:09 PM

    Manokwari, Tim Unesco menilai kualitas pendidikan dan mutu belajar para siswa di Papua tergolong rendah dan masih menghadapi kendala seperti upaya peningkatkan kesejahteraan guru dan kualitas belajar murid.

    Persoalan klasik tersebut dikemukakan tim Unesco dalam laporannya yang diperoleh di Manokwari, Rabu.

    Tim Unesco yang berjumlah empat orang itu berada di Manokwari dan mengunjungi salah satu sekolah menengah umum setemat.

    Dua di antaranya merupakan pendamping dari Indonesia, yaitu Widarni dan Kartini. Dua lainnya adalah Mrs. Chiku dari Jepang dan Mr. Aliser dari Uzbekistan.

    Wardini kepada pers di Manokwari, mengatakan kedatangan tim ini untuk melihat langsung program pendidikan yang sedang berjalan di papua melalui semua jenjang pendidikan usia dini.

    Dikatakan pendidikan usia dini bagi anak-anak maupun jenjang pendidikan tinggi, siswa SMU yang melanjutkan ke jenjang berikutnya.

    Sementara itu, perwakilan Unesco Papua, Supriyanto, mengatakan, kunjungan ini akan menjadi bekal untuk tim unesco mengkaji dan menilai sejauh mana berjalannya program pendidikan usia dini hingga pendidikan tinggi di tanah Papua. "Selanjutnya menjadi pedoman dalam penentuan dan pelaksanaan program-program Unesco selanjutnya di Papua," katanya.

    (sumber: media indonesia)

  • Mahasiswa Papua Ancam Nginap di Depdagri

    Jum'at, 24 Juni 2005 - 06:23 AM

    Jakarta, Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Papua se-Indonesia dalam aksi demonya di Jakarta, Kamis, berhasil masuk ke dalam areal Departemen Dalam Negeri, dan mengancam menginap di Depdagri jika pemerintah tidak membebastugaskan sementara para pejabat Papua yang dituding terlibat korupsi.
    Delegasi mahasiswa Papua itu diterima Sekjen Depdagri Progo Nurdjaman, dan terjadi dialog yang panas yang diwarnai ancaman bermalam di Kantor Depdagri. Sementara itu, para mahasiswa Papua lainnya tetap melakukan orasi di halaman depan Depdagri, tempat masuk ke ruang kerja Mendagri.
    Delegasi mahasiswa itu meminta pemerintah pusat membebaskan sementara para pejabat yang terlibat korupsi dari jabatannya, serta adanya komitmen pemerintah dalam pemberantasan korupsi dalam wujud nyata.

    Mereka menyebutkan aksi mereka itu bukan sebagai bentuk gerakan separatisme, namun sebagai Warga Negara Indonesia, aksi itu merupakan dukungan moral kepada pemerintah untuk memberantas korupsi di daerah Papua.

    Selain itu, mereka juga meminta KPK tidak diskriminatif dalam memberatas korupsi di Papua.
    Sementara itu, aparat kepolisian yang dipimpin Kapolres Jakarta Pusat, Kombes S Dahlan, melakukan penjagaan ketat di halaman Depdagri.

    Menurut Progo, DPRD Papua seharusnya bertindak dalam mengatasi korupsi yang dilakukan pejabat pemerintah di Papua.

    Dalam siaran persnya, Ketua KP BE Mahasiswa Papua se- Indonesia, Yan Matuan, menyebutkan para pejabat Papua yang tercatat dalam KPK melakukan korupsi di antaranya adalah Gubernur Papua JP Salossa, Bupati Jaya Wijaya David Huby, dan Bupati Nabire AP Youw.

    Ia juga menyebutkan militer diperlukan namun bukan militerisme, dan Papua dikembalikan bentuk semula, yakni satu provinsi.

    (sumber: media indonesia)

  • RAPERDASI MRP TUNTAS

    Jum'at, 24 Juni 2005 - 06:20 AM



    Jayapura, Rancangan Peraturan Provinsi (Perdasi) Papua tentang tata cara pemilihan anggota Majelis Rakyat Papua (MRP)akhirnya tuntas dibahas pihak eksekutif dan Tim Pansus MRP DPRP (Dewan Perwakilan Rakyat Papua) selama dua hari ini di Hotel Matoa Jayapura.

    Isi Raperdasi yang berhasil dirumuskan tersebut, terdiri dari 10 Bab, 28 Pasal, 101 Ayat dan 1 peraturan ketentuan peralihan. Bab I memuat ketentuan umum yang tediri dari dua pasal, kemudian Bab II memuap ketentuan tentang keanggotaan yang terdiri dari satu pasal. Bab III mengatur tentang hak memilih dan dipilih yang terdiri dari dua pasal. Bab IV memuat tentang panitia pemilihan yang terdiri dari Panitia Pemilihan dan Panitia Pengawas. Di Bab V mengatur tentang pemilihan anggota MRP yang terdiri dari dua pasal, Bab VI memuat ketentuan tentang pencalonan yang terdiri dari persyaratan calon, tata cara pencalonan serta penelitian dan penetapan calon.

    Bab VII tentang tata cara pemilihan yang terdiri dari bagian pertama tentang tahapan pemilihan dan tahapan penetapan hasil pemilihan. Sementara Bab VIII tentang pelantikan, Bab IX mengenai pembiayaan dan Bab X tentang ketentuan penutup yang terdiri dari dua pasal. " Kami akan segera melaporkan sekaligus mempresentasikan hasil tersebut di rapat Panmus yang akan dihadiri seluruh anggota Panmus, pimpinan Fraksi, Komisi-Komisi dewan dan seluruh ketua-ketua Pansus. Jika diterima maka kita segera mengagendakan sidang paripurna untuk pembahasan Raperdasi ini," ujar Ketua Pansus MRP DPRP Papua Abdul Hakim Ahmad kepada wartawan kemarin.

    Dijelaskannya, pembahasan Raperdasi yang hangat saat itu adalah tentang hak memilih dan dipilih. Khusus untuk masyarakat menurutnya jelas diatur sangat baik, namun untuk masyarakat perempuan adalah seluruh masyarakat Papua. " Kita menginginkan untuk pertama kali diberikan kesempatan dipilih saja oleh masyarakat perempuan Papua. Kita harapkan nanti setelah terbentuknya MRP mereka akan melihat kembali peraturan ini sehingga hak memilih bisa dilakukan oleh seluruh perempuan Papua" katanya.

    Sementara tentang siapa yang berhak dipilih, dijelaskan Abdul Hakim Ahmad tetap akan diatur dan disesuaikan dengan Undang-undang Otsus No.21 tahun 2001 dan PP 54 tahun 2001.

    Terkait dengan daerah pemilihan akhirnya disepakati pembagian tujuh wilayah budaya yaitu daerah Doberay (Papua Barat), Saireri (Papua Utara), Lapago (Papua Tengah Timur), Tabi (Papua Timur), Ha Anim (Papua Selatan), Me Pago (Papua Tengah Barat), dan Bomberay (Papua Barat Daya). Wilayah Doberay terdiri dari Kabupaten Raja Ampat, Kota Sorong menjadi satu daerah pemilihan (Dapil I) , kemudian Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Sorong dan Manokwari menjadi satu daerah pemilihan (Dapil II). Masih di daerah yang sama Kabupaten Bintuni dan teluk Wondama bergabung menjadi satu daerah pemilihan (Dapil III). " Dengan tiga daerah pemilihan mereka berhak mengirimkan enam orang wakil karena masing-masing daerah pemilihan diwakilkan dua orang," jelasnya. Untuk wilayah budaya Saireri terdapat Kabupaten Supiori, Biak Numfor dalam satu daerah pemilihan (Dapil IV), kemudian Kabupaten Waropen dan Yapen Waropen dijadikan satu lagi (Dapil V). La Pago terdiri dari daerah pemilihan VI adalah Kabupaten Jayawijaya dan Tolikara (Dapil VI), Kabupaten Yahukimo dan Pegunungan Bintang (Dapil VII). Untuk Tabi terdiri dari Kota Jayapura dan Keerom (Dapil VIII), Kabupaten Jayapura dan Sarmi (Dapil IX). Wilayah budaya Ha-Anim masing-masing Kabupaten Merauke dan Bofen Digul (Dapil X), sementara Kabupaten Asmat dan Mapi (Dapil XI). Wilayah Bomberai Kabupaten Fakfak dan Kaimana (Dapil XII), kemudian Kabupaten Mimika dan Puncak Jaya (Dapil XIII). Wilayah Mepago terdairi dari Kabupaten Nabire dan Paniai (Dapil XIV).

    Berdasarkan hail tersebut, pihaknya juga tela menyusun kalender kegiatan antara lain pada tanggal 30 Juli Perdasi tentang tata cara pemilihan anggota MRP dapat disahkan, kemudian pada tanggal 4-6 Juli sosialiasasi tingkat Provinsi, 7-8 Juli sosialisasi tingkat Distrik, 9-10 Juli sosialiasasi tingkat Kabupaten/Kota, 11 Juli rapat Muspida, 15-22 Juli pembentukan Panitia Pemilihan (Panpil), Panitia Pengawas (Panwas) tingkat Distrik, Kabupaten/Kota hingga Provinsi. Pada tanggal 29 Juli hingga 4 Agustus pendaftaran calon anggota MRP dan persyaratan pemilihan, 5 Agustus pemilihan tingkat Distrik yang akan berlangsung selama 14 hari. Setelah itu pada tanggal 26 Agustus penetapan anggota MRP terpilih dan pada tanggal 2 September pelantikan anggota terpilih. (nce)

    Sementara itu Wagub Papua drh. Constan Karma saat dimintai tanggapannya soal hasil pembahasan draf Perdasi tentang tata cara pemilihan anggota MRP antara tim Pansus MRP yang dibentuk DPRP dengan eksekutif, mengaku sangat menyambut baik upaya dan kerja keras yang dilakukannya selama ini dalam rangka merampung pembahasan draf Perdasi. "Meski ada perbedaan pandangan atau konsep antara pemerintah dengan tim Pansus DPRP soal pembagian wilayah pemilihan, tapi ternyata perbedaan konsep itu tidak berpengaruh sedikitpun terhadap subtansi dari pembentukan MRP itu sendiri. Ini menandakan bahwa baik dari DPRP maupun pemerintah ada niat baik untuk segera merampungkan Perdasi, sehingga MRP dapat segera dibentuknya," ujarnya kepada Cenderawasih Pos di Gedung DPRP, kemarin.

    Dikatakan Wagub, justru untuk mencari titik temu tentang pembagian wilayah pemilihan anggota MRP yang diusulkan pemerintah maupun dari tim pansus DPRP, semuanya telah diakomodir dalam pembahasan draf Perdasi. Sebab konsep yang diusulkan baik oleh pemerintah maupun tim Pansus DPRP itu, memang ada pertimbangan tersendiri.

    " Kalau usulan 7 pembagian wilayah pemilihan yang diusulkan tim Pansus DPRP itu didasarkan atas wilayah budaya/adat besar. Sedangkan 14 wilayah pemilihan yang diusulkan pemerintah itu berdasarkan sejarah adminitrasi pemerintahan, Sosbud dan geografis. Sehingga untuk mengakomodir itu semua, akhirnya kedua usulan pembagian wilayah itu diadobsi atau dikolaborasikan," paparnya.

    Dengan demikian, maka dalam pembagian 7 wilayah pemilihan itu, satu wilayah budaya terdiri dari beberapa wilayah pemilihan atau dua daerah pemilihan. Namun yang terpenting bahwa pembagian wilayah itu hanyalah sebagai alat untuk proses penjaringan atau pemilihan keanggotaan MRP.

    " Sebab anggota MRP itu bukanlah wakil dari masing-masing wilayah atau suku, melainkan sebuah lembaga representatif culture masyarakat Papua. Sehingga pembagian wilayah pemilihan anggota MRP itu bukan bentuk justifikasi anggota MRP, melainkan hanya sebagai alat untuk proses rekruitmen keanggotaan MRP," tandasnya. (nce/mud)

    (sumber: cepos)

  • Masalah BBM

    Masalah BBM di kabupaten Nabire bukanlah hal baru yang sedang dihadapi oleh Pemda Kabupaten Nabire maupun semua komponen masyarakat Kabupaten Nabire, karena SPBU cuma satu bijih, gimana melayani komsumen yang begitu banyak. untuk kami cuma memberikan masukan kepada Pemda Kabupaten Nabire untuk memperbayak atau menambah SPBU yang mempunyai modal banyak

    Jack dogomo

  • 10 TOP WEBSITE BERITA PAPAN ATAS

    Menggapai Berita Terkini
    Informasi paling hanyat idak saja dibatasi oleh media cetak atau media elektronik. Internet sebagai media informasi tercepat juga dapat dijadikan sarana berita terbaru.

    Berita terbaru memang bisa anda dapatkan melalui Koran, majalah, radio atau televise, namun, internet juga dapat menggantikan posisi media cetak dan elektronik sebagai sumber berita bagi anda. Keunggulan utama Internet yang tidak dapat dikalahkan oleh media lain adalah penyampaian informasi yang lebvih cepat dan lingkup berita yang lebih luas.

    1. WWW.CNN.COM
    Website berita Internasional terbaik. Inilah website berita internasional terbaik. Berita yang disampaikan sangat informatif, lengkap dan aktual.
    2. WWW.ESPNSTAR.COM
    Berita Seputar Olahraga. Website ini sangat lengkap membahas dunia olahragadan segala intriknya. Berita olahraga yang paling hangat terutama sepakbola, pasti akan sangat tertarik.
    3. WWW.NEWS.BBC.CO.UK
    Berita dari empat benua. Website ini dikelola oleh stasiun penyiar berita terkemuka di dunia. Cocok untuk yang mencari informasi baru.
    4. WWW.DETIK.COM
    Websita berita terbaik dari dalam negeri. Detik.com adalah salah satu website berita lokal yangterbaik. Kecepatan dalam penyampaian beritanya merupakan salah satu kekuatan website ini.
    5. WWW.ASTAGA.COM
    Berita seputar gaya hidup. Website ini salah satu website lokal yang cukup lengkap membahas gaya hidup. Berita-berita seputar gaya hidup artis dari dalam dan luar negeri dapat anda temui di sini.
    6. WWW.CBSNEWS.COM
    Berita Aktual dan terkini. CBS merupakan stasiun televisi swasta yang berasal dari Amerika Serikat. Tidak heran berita yang ada di dalam website ini lebih terfokus pada kejadian yang terjadi di Amerika Serikat.
    7. WWW.FOXNEWS.COM
    Berita kembaran televisi. Foxnews.com memberikan informasi berita terkini secara aktual. Berita yang ditampilkan juga dapat ditemui pada siaran regular oleh Fox Channel.
    8. WWW.ROUTERS.COM
    Informasi berita financial. Tema utama yang diusung oleh website ini adalah seputar financial dan bisnis. Website ini banyak membahas seputar financial yang terjadi di Amerika Serikat dan Internasional.
    9. WWW.XBITLABS.COM
    Berita seputar hardware komputer. Xbitlabs.com merupakan salah satu website yang mengkhususkan untuk membahas dunia hardware, terutama komputer. Website ini cocok bagi anda yang gemar mengikuti perkembangan hardware terbaru.
    10. WWW.NEW.GOOGLE.COM
    Berita dari website mesin pencari terbesar. Berita yangterdapat di dalamnya cukup informatif dan aktual. Kumpulan berita yang dimilikinya adalah termasuk yang terbesar untuk ukuran website berita.

    Informasi ini diperuntukkan bagi teman-teman yang tidak yang haus akan informasi terkini dari seluruh dunia lewat 10 Top Website Berita Papan atas.

    Sumber Berita : Computer Easy Edisi 07/2004
    www.computer-easy.com

  • 10 WEBSITE PENGEMBANGAN DIRI

    PRIBADI YANG LEBIH BAIK


    Pengembangan diri tidak hanya di bangku sekolah. Bila merasa kurang, Internet menawarkan beragam bentuk pengembangan diri yang mugkin Anda butuhkan.

    Banyak hal yang perlu kita tingkatkan di samping ilmu yang didapatkan dari bangku sekolah atau perkuliahan. Tidak ada salahnya jika Anda memperbaiki diri dengan meningkatkan berbagai kemampuan seperti communication skill, negotiation skill, time management, leadership, positive thinking dan kemampuan lain yangtentunya akan mendukung anda dalam usaha mencapai cita-cita.
    Keahlian seperti ini bisa Anda peroleh dengan berbagai cara, misalnya dengan mengikuti training, membaca buku ataupun dengan cara-cara lain yang biasanya mengura kantong. Namun di era informasi ini, kenapa kenapa kita tidak coba gunakan berbagai sumber informasi pengembangan diri yang ada di internet. Dari sumber berita ini (Computer Easy) kali ini akan mengulas mengenai beberapa website yang dapat membantu anda dalam melakukan pengembangan diri secara gratis.

    1. www.free-online-training-resources.com
    Beragam topik Pengembangan Diri. Bagi Anda saat ini yang sedang gencar melakukan Pengembangan Diri, site ini merupakan salah satu website yang wajib untuk anda kunjungi.
    2. www.ukans.edu/cwis/units/coms2/vpa/vpa
    Public speaking. Sebuah website panduan yang memberikan wawasan gamblang seputar public speaking yang lebih baik.
    3. www.nwlink.com/-donclark/leader
    Menjadi Pemimpin. Berisi beragam topik menarik yang wajib dikunjungi oleh anda yang tertarik akan kepemimpinan.
    4. http://positiveteenso.tripod.com/
    Posistive Thinking. Panduan untuk hidup ke arah yang lebih baik dan mengisinya dengan kegiatan positiv yang berharga.
    5. http://www.givetogetmarketing.com/
    Teknik Menjual. Mengenal lebih dalam teknik menjual yang baik dan efektif.
    6. http://www.mindtools.com/
    Perangkat bagi Otak Anda. Informasi yang disajikan menarik dan sangat berguna dengan pilihan versi offline.
    7. http://www.oneishy.com/personality/
    Tes Kepribadian. Dengan mengenal tipe kepribadian, anda akan dapat lebih mudah dalam melakukan pengembangan pribadi.
    8. http://www.motivation123.com/
    Motivasi Diri. Baik untuk mendapatkan semangat baru dalam menjalani keseharian Anda.
    9. http://thepargroup.com/
    Keuntungan Mendengarkan. Artikel dalam site ini mengajak Anda untuk melihat dan memahami keuntungan dan mendengarkan.
    10. http://creativequotations.com/
    Pepatah yang Kreatif. Belajar dan mendapatkan inspirasi dari pepatah para orang terkenal dunia.


    Sumber Berita : Computer Easy Edisi 01 Januari /2004
    www.computer-easy.com